Mediastima
Vol 29 No 2 (2023): Mediastima

Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Harga terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online Grab Car

Muliyati Muliyati (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Sindi Triyanto (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis kepercayaan, kemudahan, harga terhadap keputusan menggunakan transportasi online berupa Grab Car. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling. Sampel ditentukan secara accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah software SPPS v 23. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil uji koefisien determinasi secara simultan (R2) berpengaruh signifikan dengan nilai 0,641. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan dan harga diperoleh nilai sebesar 64,1% dari keputusan pelanggan memilih Grab Car dan 35.9% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Untuk uji koefisien determinasi secara parsial kepercayaan pengaruh signifikan availability of trust terhadap keputusan penggunaan Grab Car sebesar 61,0% dan 39,0% yang dipengaruhi oleh variabel eksternal. Koefisien determinasi parsial kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Grab Car dengan kontribusi sebesar 62,6% dan 37,4% dipengaruhi oleh variabel eksternal. Koefisien determinasi parsial harga berpengaruh positif sebesar 59,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian sebesar 40,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mediastima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mediastima adalah jurnla ilmiah dibidang pengembangan ilmu bisnis dan manajemen dengan pola peer-reviewed. Tujuan untuk mempublikasikan seluruh kegiatan hasil penelitian, kajian teoritis dan review artikel, book chapter yang bertujuan memperkaya khasanah keilmuan bisnis dan manajemen di ...