Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology
Vol 11, No 1: Januari 2023

SISTEM PERINGATAN DINI KEBAKARAN LAHAN GAMBUT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI LORA (LONG RANGE) BERBASIS IoT DENGAN WHATSAPP API (APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE)

- Christian (Unknown)
Syaifurrahman - (Unknown)
Muhammad Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Kebakaran lahan gambut selalu menjadi permasalahan di Indonesia setiap tahunnya, terutama pada musim kemarau. Hal ini dikarenakan ketika kemarau kandungan air pada lahan gambut menjadi kering, sehingga percikan api sekalipun dapat membakar lahan gambut. Dampak yang ditimbulkan dari kebakaran lahan gambut cukup besar salah satunya yaitu kabut asap yang menyelimuti daerah sekitar kebakaran lahan gambut bahkan seluruh dunia. Lokasi lahan gambut biasanya tidak memiliki akses kendaraan maupun akses jaringan, sehingga masyarakat sekitar tidak tahu kondisi kekeringan lahan gambut tersebut. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem peringatan dini yang dapat mengetahui kondisi lahan gambut dari jarak jauh dan bekerja tanpa adanya jaringan seluler. Dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi elektronika yang berkembang, maka sistem peringatan dini kebakaran lahan gambut dapat dikembangkan dengan menggabungkan konsep komunikasi radio dan Internet of Things (IoT). Penggabungan konsep komunikasi radio dengan Internet of Things (IoT) untuk pemantauan lahan gambut dapat dilakukan menggunakan aplikasi media sosial Whatsapp lewat ponsel cerdas maupun komputer dimanapun secara realtime, tanpa memerlukan biaya yang tinggi dalam proses pemantauannya. Komunikasi radio dilakukan dengan memanfaatkan modul LoRa (Long Range) Ebyte E22-400T30D, dengan mikrokontroler ESP32 sebagai pusat pemrosesan data. Dalam proses pemantauan lahan gambut terdapat beberapa variabel lingkungan yang dideteksi yaitu tinggi muka air tanah, curah hujan, suhu lingkungan, kelembaban udara, dan kelembaban tanah. Pengujian dari sistem peringatan dini kebakaran lahan gambut menggunakan 2 parameter lingkungan yaitu kelembaban tanah, dan suhu udara lingkungan sekitar. Kedua parameter tersebut diberikan ambang batas, ambang batas suhu udara lingkungan di angka 37 °C dan ambang batas kelembaban tanah di angka 50%. Jika salah satu nilai melewati ambang batas, dimana suhu lebih tinggi dari 37 °C dan kelembaban tanah di bawah 50 %, maka alarm pada sistem akan berbunyi sebagai peringatan dini potensi kebakaran lahan gambut. Sistem peringatan dini yang dirancang memiliki rata-rata respon sebesar 3,432 detik serta memiliki jangkauan kerja komunikasi radio sejauh 1,78 km. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa rata-rata persentase galat yang didapat pada pengukuran suhu sebesar 0,399%, kelembaban udara sebesar 0,572%, curah hujan sebesar 1,199%, kelembaban tanah sebesar 3,696%, dan tinggi muka air sebesar 0,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j3eituntan

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT) (E-ISSN: 3026-1856) is the latest name for the JTE UNTAN, which underwent a name change. This journal has been in circulation within UNTAN since 2013 under its previous name. The name change reflects an evolution in the ...