Jurnal Edukasi
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Edukasi

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantu WIZER.ME terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Syifa Nurfajri (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Sumiyati Sa’adah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Astri Yuliawati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantu wizer.me terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 72 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas yakni X.9 dan kelas X.10 MAN Purwakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning dengan siswa yang tidak menggunakan model problem based learning. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata tes pada kelompok eksperimen sebesar 79 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes sebesar 47. Hipotesis yang diajukan diterima dengan perolehan Asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,001<0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...