Electrician : Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro
Vol. 15 No. 3 (2021)

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI ONLINE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PADA SMK BHIMA SAKTI WAY JEPARA

Nuari Anisa Sivi (Universitas Nahdaltul Ulama Lampung)
Rudi Hartono (Jurusan Sistem Informasi, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera, Purbolinggo, Lampung Timur)
Agus Komarudin (Jurusan Sistem Informasi, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera, Purbolinggo, Lampung Timur)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Dalam pengolahan nilai di SMK Bhima Sakti Way Jepara saat ini masih bersifat manual, sehingga banyak waktu dan tenaga diperlukan untuk melakukan tugas tersebut. Tujuan dari tugas ini adalah mengembangkan aplikasi pengolahan nilai bersifat komputerisasi. Upaya dalam pengolahan data dan informasi akan berhasil dengan perubahan yang lebih baik pada sistem yang ada. Aplikasi pengolahan nilai online SMK Bhima Sakti Way Jepara adalah aplikasi yang menangani pengolahan nilai mata pelajaran yang didapatkan para siswa. Pengolahan nilai ini meliputi penilaian tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Dalam aplikasi ini juga terdapat pendataan yang diperlukan dalam pengolahan nilai yaitu pendataan siswa, guru, mata pelajaran, kelas. Selain itu, sebagai sistem yang berbasis web dan online, sistem ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun secara online menggunakan akses internet. Sehingga infomasi yang disampaikan tanpa batas wilayah dan waktu. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) dan database MySQL yang dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi komputer maupun telepon seluler.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Focus and Scope Publication of scientific research results in the field of electrical engineering which covers: ~ Power system analysis ~ Electrical energy conversion ~ High voltage technology ~ Electronics ~ Control system ~ Telecommunication system ~ Computer and interfacing ~ Information ...