JENDELA PENGETAHUAN
Vol 16 No 1 (2023): JENDELA PENGETAHUAN

Analisis Kenaikan Harga Tahu Terhadap Daya Beli Pedagang Tahu Di Pasar Mardika Ambon

Rugaya Rahantoknam (Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon)
William G Louhenapessy (Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon)
Francisca R Sinay (Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kenaikan Harga Tahu Terhadap Daya Beli Pedagang Tahu di Pasar Mardika Ambon. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung, yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dengan bilangan atau berbentuk angka. Hasil penelitian kenaikan harga tahu terhadap daya beli pedagang tahu di pasar mardika ambon menggunakan uji regresi sederhana sehingga dapat diketahui bahwa kenaikan harga tahu terhadap daya beli pedagang tahu memiliki nilai Standardized Coefficients sebesar 371, tanda korelasinya adalah + (positif) artinya nilai kenaikan harga tahu baik maka pedagang juga akan merasa puas dan begitupun sebaliknya. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima dengan nilai signifikan 0,22 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y atau kenaikan harga tahu berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya beli pedagang tahu di pasar Mardika Ambon

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Other

Description

JENDELA PENGETAHUAN was first published in April 2007 (Print ISSN 2979-7842) and is published by the Alumni of the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura in collaboration with LP2M-Maluku. JENDELA PENGETAHUAN serves as a medium of scientific information and communication ...