Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu konsumen di Restaurant Tiara. Populasi penelitian ini tidak diketahui jumlahnya atau infinit. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental berjumlah 110 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 3) harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 33,4% yang berarti variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sebesar 33,4%. Hal ini menunjukkan bahwa harga dan promosi akan mempengaruhi keputusan pembelian. Harga dan promosi merupakan kunci peran strategi yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup Restaurant.
Copyrights © 2023