JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 6, No 2 (2023): JIMB - VOLUME 6 NOMOR 2 September 2023

Pengaruh Faktor Pribadi Dan Sosial Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kasus Pada Pembelian Tela-Tela Ubi di Bone Bolango)

Larasati Sukmadewi Wibowo (Jurusan Agribisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor pribadi, dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian ubi tela-tela. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengkonsumsi makanan ubi tela-tela di Fakultas Perranian, Universitas Negeri Gorontalo, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang membeli atau mengkonsumsi ubi tela-tela di Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan regresi berganda, uji t, uji F, uji R2, uji normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heteroskedastisitas, dan uji Autokorelasi. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel faktor pribadi (X1) mepunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan faktor (X2) mempunyai pengaruh postif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...