JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 6, No 1 (2023): JIMB - VOLUME 6 NOMOR 1 MEI 2023

Pengaruh Media Sosial Dan E-WOM Terhadap Daya Tarik Wisata Di Gorontalo (Studi Kasus: Wisata Hiu Paus Botubarani)

Villy Epifania Suruata (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Andi Juanna (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Yulinda L. Ismail (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Melan Anggriani Asnawi (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial dan e-WOM Terhadap Daya Tarik Wisata di Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada wisatawan atau pengunjung yang pernah mendatangi tempat wisata hiu paus di desa Botubarani. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Lemeshow karena jumlah populasi tidak diketahui dengan pendekatan mobile population dimana jumlah sampel 92 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Media social berperngaruh positif signifikan terhadap daya tarik wisata Botubarani Gorontalo, 2) e-WOM berperngaruh positif signifikan terhadap dayatarik wisata Botubarani Gorontalo, dan 3) Media social dan e-WOM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap daya tarik wisata Botubarani. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 57,4% yang berarti variabilitas daya tarik wisata dapat dijelaskan oleh media social dan e-WOM sebesar 57,4%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...