JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 6, No 1 (2023): JIMB - VOLUME 6 NOMOR 1 MEI 2023

Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Heo Lubricant Di PT. Bina Pertiwi Dengan Analisis SWOT Dan QSPM

Claudio Fitrah Daeng Kuma (Universitas Negeri Gorontalo)
Trifandi Lasalewo (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rasyid (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal bagi pihak perusahaan dalam divisi Sales and Branch Operation dan menentukan strategi pengembangan bisnis yang tepat bagi pihak perusahan untuk meningkatkan penjualan produk HEO Lubricant. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis matriks IFE diperoleh total skor 3,18 sedangkan analisis Matrix EFE sebesar 3,52. Hasil Matrix IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel I terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matriks SWOT menghasilkan 4 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan yaitu strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T, dan strategi W-T. Berdasarkan hasil keputusan dari matriks QSPM alternatif strategi yang diprioritaskan adalah strategi S-O, dengan skor TAS sebesar 6,47.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...