Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan online customer review terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuatitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu pengguna aplikasi Shopee di Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Shopee di Surakarta dan tidak diketahui jumlahnya atau infinit. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling berjumlah 50 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) promosi dan online customer review secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 47,4 % yang berarti variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh promosi dan online customer review sebesar 47,4 %. Hal ini menunjukan bahwa promosi dan online customer review akan mempengaruhi keputusan pembelian. Promosi dan online customer review merupakan kunci peran strategi yang penting untuk menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian pada aplikasi Shopee.
Copyrights © 2023