Pertumbuhan Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya di Bandung, mengakibatkan adanya tingkat persaingan yangtinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, khususnya dalam memperoleh calon mahasiswa. Permasalahanyang terjadi adalah semakin berkurangnya mahasiswa yang aktif, memungkinkan adanya bauran jasa pendidikan yangbermasalah dalam menyampaikan pada mahasiswa . Hal ini juga terjadi di Politeknik Pos Indonesia.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengukur pengaruh Bauran Jasa Pendidikan terhadap KepuasanMahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan Verifikatif, dengan responden yangmenggunakan rumus Slovin sebanyak 266 mahasiswa, dan analisis data menggunakan analisis regresi untuk mengujihipotesisnya. Hasil pengujian analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dansignifikan dari : (1) secara simultan bauran jasa pendidikan terhadap kepuasan Mahasiswa, pengaruh yg terjadi adalahpengaruh yang sangat kuat.
Copyrights © 2016