Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 154 orang peserta didik dan sampel berjumlah 64 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Metro Barat. Kedua, ada hubungan yang positif dan signifikan antara Peran Orang Tua pada Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Tematik. Ketiga, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring. Keempat, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Tematik.
Copyrights © 2021