Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 2 (2021): Desember

Hubungan Kebiasaan Belajar dan Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik

Loliyana, Loliyana (Unknown)
Perdana, Dayu Rika (Unknown)
Anggraini, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 154 orang peserta didik dan sampel berjumlah 64 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Metro Barat. Kedua, ada hubungan yang positif dan signifikan antara Peran Orang Tua pada Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Tematik. Ketiga, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring. Keempat, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Tematik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...