Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien (Universitas Negeri Makassar)
Latri Aras (Universitas Negeri Makassar)
Sri Indah Lestari (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiao siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang terjadi dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...