Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2021): April

Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro

Qona Dwi Puspitasari (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ari Wibowo (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran guru dalam mengembangkan kreativitas siswa untuk siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas empat SD Plebengan, Bambanglipuro. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, presentasi data, pengurangan data, dan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data tersebut menggunakan triangulasi sumber yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru berperan dalam mengembangkan kreativitas siswa dalam kriteria. Guru berperan penting dalam mengembangkan kreativitas baik secara akademik maupun non akademik. Faktor-faktor yang mendukung terwujudnya kreativitas siswa adalah waktu, kesempatan untuk menyendiri, dorongan, sarana dan prasarana sekolah, merangsang lingkungan dan cara mendidik siswa. Faktor pendukung juga bisa menjadi faktor yang menghambat terwujudnya kreativitas siswa. Mengatasi faktor penghambatan dengan mengoptimalkan faktor-faktor yang mendukung kreativitas siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. Jurnal Pelita merupakan jurnal yang memfokuskan kajiannya pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Tujuan jurnal ini lebih pada upaya untuk memberi terang keilmuan bagi kemajuan pada pendidikan di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan beragam ...