Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): September

Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menerapkan Pembelajaran Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman

Puja Fijriyani (Universitas Negeri Malang)
Imron Arifin (Universitas Negeri Malang)
Juharyanto Juharyanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan dari Kepala Pendidikan Anak Usia Dini dalam menanamkan pembelajaran karakter yang berbasis nilai-nilai islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Rancangan dari penelitian ini yaitu rancangan multi situs pada dua sekolah yang berada di Kabupaten Pamekasan yaitu taman kanak kanak IT Al-Uswah dan taman kanak kanak Al-Ghazali. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taman kanak kanak IT Al-Uswah dan taman kanak kanak Al-Ghazali sama-sama menerapkan pembelajaran karakter dengan nilai-nilai islami yaitu tanggungjawab, rasa ingin tahu, disiplin, mandiri, dan menghargai prestasi. Tanggungjawab dibuktikan dengan mengambil mainan dan menyimpan alat bermainnya sendiri pada tempat yang sudah disiapkan. Rasa ingin tahu diperlihatkan dengan guru menyampaikan materi dengan bercerita sehingga menstimulasi anak untuk bertanya atas hal yang tidak dipahami dan menjawab atas pertanyaan dari guru. Disiplin, dilakukan dalam kebiasaan di kelas dengan berbaris sebelum masuk kelas, membaca do’a sebelum belajar. Mandiri dengan dibiasakan untuk melaksanakan kebutuhannya tanpa bantuan guru. Menghargai prestasi, guru memotivasi anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didactica

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran memfokuskan pada kajian-kajian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil-hasil penelitian dari ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Artikel yang diterbitkan mencakup isu dan ...