Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): Januari

Implementasi Metode Pembelajaran Edutainment Berbasis Media Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa

Yanuaria Hoar (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Sudi Dul Aji (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Maris Kurniawati (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode edutainment berbasis media dalam meningkatkan konsep dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A SMP St. Fransiskus Asisi Lakulo yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus meliputi: perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), observasi (observation), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran edutainment dikategorikan baik. Pembelajaran dengan menggunakan metode edutainment berbasis media dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep siswa siklus I (55) dengan kategori kurang baik sedangkan pada siklus II rata-rata pemahaman konsep siswa (80) kategori baik. Pembelajaran dengan menggunakan metode edutainment berbasis media dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I (58,5) dengan kriteria ketuntasan 30% kategori cukup baik dan siklus II (81,75) kategori baik dengan kriteria ketuntasan 85%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang bertujuan untuk mempromosikan beragam hasil penelitian baik studi literatur, maupun studi empiris yang dilakukan para peneliti, tenaga profesional, aparatur sipil negara, ...