Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di lakukan dalam dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksaan.tindakan observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Buru Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021,dengan jumlah siswa 32. Teknik pengumpulan data utama pada penelitian ini yaitu observasi dan tes sementara, pengumpulan data sekunder dengan mengunakan observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajara kooperatif tipe script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Buru Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran PKn. Pada pra tindakan hasil peserta didikik menunjukan rata-rata 2,45.dan meningkatkan pada siklus I menjadi 2,27 kemudian diikuti pada siklus II menjadi 2,93. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe script meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas XI SMA Negeri 7 Buru Selatan Tahun pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2023