Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): Juli

Potret Beban Pendidikan Siswa dan Orangtua dalam Menghadapi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Zonasi

Handayani, Kristina Dwi (Unknown)
Kewuel, Hipolitus Kristoforus (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengungkap upaya orangtua dan siswa serta dampaknya dalam menghadapi sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Zonasi. Metode yang digunakan adalah metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru zonasi menyisakan persoalan psikologis bagi orangtua dan calon siswa. Mereka yang selama ini sudah terlanjur membangun dikotomi sokolah favorit dan non-favorit terpaksa harus berjuang melawan diri sendiri untuk menghilangkan image tersebut sekaligus menata diri terutama diri anak-anak untuk menerima dan bersahabat dengan sekolah yang memenuhi kriteria zonasi. Bagi anak-anak yang berhasil dalam perjuangan ini, mereka tidak terganggu dalam proses pembelajaran, tetapi bagi anak-anak yang gagal dalam perjuangan ini, mereka terganggu dalam proses pembelajaran, bahkan hingga menghilangkan motivasi belajar mereka. Demikian pula orangtua, bagi yang berhasil beradaptasi, mereka bisa menjadi sumber kekuatan bagi proses belajar anaknya, sebaliknya bagi yang gagal beradaptasi, selain mereka tidak bisa menjadi sumber motivasi bagi anaknya, mereka juga menjadi pihak yang terus menerus mempersoalkan kebijakan zonasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...