Al-Qiyadi Jurnal Manajmen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2023): Juni 2023

Komparasi Metode Hukuman, Keteladanan dan Kisah dalam Pendidikan Islam dan Barat Perspektif Muhammad Qutb

Ahmad Syahirul Alim (STIT Fatahillah Bogor)
Setia Budi (STIT Fatahillah Bogor)
Fahmi Irhamsyah (STIT Fatahillah Bogor)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Kegelisahan para ilmuwan muslim atas penerapan sistem pendidikan Barat atas Umat Islam memunculkan berbagai kajian mengenai sistem pendidikan Islam. Muhammad Qutb dengan bukunya Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyyah, berupaya untuk membandingkan keunggulan pendidikan Islam atas pendidikan Barat diantaranya dari sisi metode pendidikan terutama pada metode keteladanan, metode hukuman dan metode kisah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji komparasi yang dilakukan Muhammad Qutb dengan mengunakan metode studi riset kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi berupa deskriptifanalitis terhadap buku Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyyah sebagai sumber primer. Dalam kajian ini ditemukan bahwa menurut Muhammad Qutb; pendidikan Islam dan Barat sama-sama menggunakan metode keteladanan dan kisah, namun berbeda dalam sosok teladan dan aturan berkisah. Di sisi lain, pendidikan Barat menolak metode hukuman sedang pendidikan Islam menggunakannya dengan persyaratan ketat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alqiyadi

Publisher

Subject

Religion Environmental Science Social Sciences Other

Description

AL-QIYADI: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM is a scientific journal published by STIT Fatahillah. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on Islamic Education Management. AL-QIYADI: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM will publish 2 ...