JSM (Jurnal SIFO Mikroskil)
Vol 24, No 2 (2023): JSM VOLUME 24 NOMOR 2 TAHUN 2023

Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019 Domain BAI03 (Studi Kasus: PT. Berlian Tangguh Sejahtera)

Shella Yolanda (Universitas Mikroskil)
Hendra Hendra (Universitas Mikroskil)
Hita Hita (Universitas Mikroskil)
Tri Wulandari Ginting (Universitas Mikroskil)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Audit tata kelola TI pada PT. Berlian Tangguh Sejahtera menggunakan framework COBIT 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kemampuan dan kematangan tata kelola TI perusahaan, dengan fokus pada domain BAI03. Penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi sistem ERP telah membantu pengelolaan data dan informasi perusahaan, serta meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas. Namun, perhatian khusus diberikan pada pengelolaan biaya entertainment yang saat ini belum memiliki pengelolaan khusus dan standar yang jelas. Hasil audit menunjukkan bahwa tingkat kemampuan tata kelola TI pada domain BAI03 berada pada level 2 dan hasil maturity level berada pada tingkat "managed" memiliki arti bahwa perusahaan telah melakukan perencanaan dan penilaian kinerja, namun masih perlu melakukan standarisasi terhadap proses bisnis yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis gap, peneliti merekomendasikan pengembangan kembali sistem yang sudah ada sebagai benchmark untuk mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan. Rekomendasi ini akan membantu perusahaan meningkatkan tata kelola TI, mengoptimalkan pengelolaan biaya entertainment, dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas operasional secara keseluruhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal SIFO Mikroskil (JSM) is a journal that published by Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil Medan, Indonesia. JSM published a journal twice a year, in April and October. The mission of JSM to share, develop and facilitate the output of research paper ...