Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata
Vol. 9 No. 1 (2022): Juni

Karakteristik Ragam Bahasa Penjual Pembeli dalam Grup Jual Beli di Facebook

Bella Purba (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Atiqa Sabardilla (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan pola karakteristik ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook, kemudian mendesripsikan ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diambil berupa kalimat dan paragraf. Sumber data penelitian ini yaitu grup jual beli yang ada di Facebook. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik simak catat. Data divalidasi dengan teknik triangulasi teori. Kemudian data dianalisis dengan metode agih dengan teknik baca markah dan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua karakteristik ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook yaitu menggunakan kata monggo dan kata ready untuk menawarkan barang yang dijualnya. Adapun bahasa yang digunakan yaitu bahasa Indonesia ragam takbaku, bahasa daerah (jawa) dan bahasa asing (Inggris). Sedangkan bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook yaitu menggunakan ragam bahasa tidak baku. Adapun bahasa yang digunakan dalam penawarannya berupa campuran bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jawa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

barista

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata (ISSN 2356-1602; e-ISSN 2622-5999) is a peer-reviewed journal which is published by Unit Bahasa, Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Indonesia. Barista aims at initiating and stimulating advances in Language and tourism research. Therefore, it publishes ...