Robot USMAN merupakan sebuah contoh otomasi yang terpicu karena adanya pandemi COVID-19. Dimana robot ini memiliki tugas untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan mengantikan pekerjaan petugas masjid dalam membersihkan lantai masjid serta melakukan sterilisasi lantai masjid menggunakan UVC . Sifat pekerjaan Robot USMAN dalam membersihkan dan mensterilisasi lantai masjid tergolong pada pekerjaan yang bersifat layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja layanan Robot USMAN dalam membersihkan dan sterilisasi lantai masjid, agar dapat memberikan rekomendasi posotif bagi pengembangan Robot USMAN kedepannya. Kebaruan penelitian ini ada pada penggunaan metode Fuzzy pada kualitas layanan untuk menilai kinerja layanan sebuah Robot, dan penelitian ini dimulai dengan penyusunan kuisioner, proses fuzzifikasi dan defuzzifikasi serta perhitungan Gap antara persepsi dan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Robot USMAN yang berwujud fisik/tangible masih perlu di tingkatkan, artinya apa yang di pandang dari segi fisik dan kinerja robot perlu di tingkatkan sedangkan layanan reliable, responsivenees, assurance dan emphaty sudah memberikan kejutan dan memuaskan bagi pengembangan teknologi robot dan sterilisasi dimasa pandemi COVID 19
Copyrights © 2023