Ujian Nasional (UN) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah untuk mengukur kemampuan siswa dalam bersaing secara nasional sekaligus untuk mengukur mutu dan kualitas pendidikan sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengelompokkan mutu dan kualitas pendidikan di wilayah Jawa Tengah untuk memudahkan mengetahui perbedaan. Penelitian ini menggunakan metode clustering dengan algoritma k-means dan algoritma k-median. Proses kalkulasi menggunakan software RStudio. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data Nilai Ujian Nasional di Jawa Tengah yang diperoleh dari situs resmi Pusat Penilaian Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebanyak 1769 sekolah. Hasil dari penelitian kedua algoritma menggunakan metode siluet diperoleh jumlah kluster sebanyak 5 cluster dengan kategori sangat baik, cukup baik, buruk, dan sangat buruk. Perbedaan hasil dari kedua algoritma terletak pada jumlah kluster, pusat kluster, dan nilai rata – rata pada masing – masing kluster
Copyrights © 2022