Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS merupakan salah satu komunikasi dengan media teks melalui perangkat telepon seluler atau smartphone. Saat ini perkembangan teknologi informasi memungkinkan pengaksesan data lebih praktis, cepat, dan efisien, oleh karena itu dapat dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan spam untuk melakukan promosi terhadap suatu toko atau jasa. Spam adalah singkatan dari Sending and Posting Advertisement in Mass, yang artinya mengirim pesan secara massal. Selain untuk promosi ada juga yang menyalahgunakannya untuk melakukan tindakan kejahatan seperti penipuan berhadiah. Sebagian orang mungkin dapat mengenali apakah SMS tersebut berupa penipuan atau tidak, namun bagi orang awam yang baru saja mendapat SMS seperti itu tentu kebingungan dan mungkin akan tergiur. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi jenis-jenis SMS apakah termasuk pesan normal, penipuan, atau promo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Naïve Bayes Classifier. Sebelum data digunakan dilakukan proses preprocessing terlebih dahulu, kemudian dilakukan proses feature extraction menggunakan TF-IDF. Data yang sudah diproses akan dibagi menjadi dua bagian dan akan dilakukan proses cross validation untuk menghasilkan kinerja yang baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, Multinomial Naïve Bayes yang menggunakan proses cross validation mendapat akurasi mencapai 97,7%.
Copyrights © 2023