Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni

Efektivitas Pembelajaran Model Pembelajaran Make A Match Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division

Bayu Syambodo (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ari Wibowo (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika MI Tahassus Ma’arif NU Prapagkidul. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi matematika berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menyatakan (1) rata-rata pretest pada kelas kontrol adalah 58,92, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 80,52, maka ada perbedaan pretest dan posttest matematika pada siswa yang menggunakan STAD; (2) rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 60,76, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 88,0, maka ada perbedaan antara pretest dan posttest matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match; (3) Dilihat dari rata-rata posttest pada kelas kontrol (model pembelajaran STAD) yaitu 80,52 dan kelas eksperimen yaitu 88,00, maka model pembelajaran make a match lebih efektif dibandingkan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (t hitung 0,002, P=<0,05).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, ...