Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni

Hubungan Antara Keaktifan Dalam OSIS dengan Sikap Kepemimpinan Siswa Sebagai Perwujudan Civic Disposition

Ela Julaeha (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Damanhuri Damanhuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ronni Juwandi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keaktifan dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dengan sikap kepemimpinan siswa sebagai perwujudan civic disposition pada siswa pengurus OSIS di SMP Negeri 2 Cilegon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus pearson product moment dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dan Microosft excel. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa pengurus OSIS di SMP Negeri 2 Cilegon sebanyak 61 siswa dan sampel pada penelitian ini diambil dari keseluruhan jumlah populasi yaitu sebanyak 61 siswa pengurus OSIS. Berdasarkan hasil penyebaran angket kepada responden yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil yang diperoleh pada analisis pearson product moment yaitu nilai sign. Sebesar 0,689 > 0,05 yang dimana tingkat hubungannya 68,9 % dan tingkat interval koefisiennya berada di 0,60-0,799 yang berarti tingkat hubungannya adalah kuat. Dengan demikian Ha di terima yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara keaktifan dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dengan sikap kepemimpinan siswa sebagai perwujudan civic disposition pada seluruh pengurus OSIS di SMP Negeri 2 Cilegon.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, ...