Tujuan penelitian ini lebih berupaya untuk menguraikan hal ihwal tentang penerapan new normal pasca pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini berupaya memaparkan hasil analisis pemikiran Thomas Kuhn terhadap new normal, terutama masa pasca pandemi dalam bidang pendidikan. Kebaruan penelitian ini ada pada deskripsi di situasi new normal yang terjadi sekarang, yang merupakan penyesuaian pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan telaah kepustakaan. Hasil penelitian menemukan, pertama penerapan new normal di masa pandemi. Pertama, penerapan new normal di masa pandemi dengan kebijakan pemerintah yaitu memberlakukan perilaku kehidupan baru saat beraktivitas di luar rumah. Kedua, pemikiran Thomas Kuhn pada pasca new normal dalam bidang pendidikan, yaitu terciptanya kehidupan baru membuat masyarakat harus terbiasa dalam hal paradigma. Kemunculan paradigma baru, membuat para ilmuwan meninggalkan paradigma yang lama dan fokus pada ilmu baru. Ketiga, relevansi pemikiran Thomas Kuhn pada pembelajaran yaitu pembelajaran dengan mengutamakan aktivitas e-learning untuk dapat diakses dengan melakukan pembelajaran tanpa terhalang waktu dan tempat.
Copyrights © 2021