Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe numbered head together berbantuan video pembelajaran tahap hasil belajar pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian berada di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wringinanom, Gresik. Ada tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis. Hasil analisis didapatkan hasil bahwa model kooperatif numbered head together dengan menggunakan video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kewarganegaraan. Hasil penelitian ini dirinci di bawah ini: pertama, adanya pengaruh model kerjasama tipe numbered together berbatuan video pembelajaran terhadap hasil belajar dari Pendidikan Kewarganegaraan hasil post-test dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis dipergunakan rumus uji-t (pollad variance), nilai terhitung dan postest adalah 4,48 dan tabel a = 5% adalah 2,0063. Karena terhitung > tabel (4,48>2,0063). Kedua, penerapan pembelajaran model kooperatif tipe numbered head together berbatuan video berpengaruh terhadap presentasi akademik peserta didik yang tinggi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan nilai efek terhitung sebanyak 0,84 pada tipe tinggi.
Copyrights © 2022