Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): Desember

Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di RA Sunan Kalijogo Karangbesuki

Yuli Maulidatun Nisyak (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 di RA Sunan Kalijogo Karangbesuki tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan kuesioner. Subyek yang digunakan dalam wawancara terdiri dari 47 orang tua siswa dan guru RA Sunan Kalijogo Karangbesuki. Penelitian tersebut memperoleh hasil yaitu: 1) Sistem pembelajaran yang diterapkan selama pandemi yaitu pembelajaran daring, 2) Guru di RA Sunan Kalijogo Karangbesuki mendapatkan bantuan kuota internet, 3) Aplikasi yang digunakan yaitu WhatsApp, 4) RPP yang digunakan yaitu RPP Darurat Covid, 5) Media yang digunakan yaitu LKS dan video pembelajaran, 6) Menggunakan 3 metode pembelajaran, 7) Evaluasi dilakukan dengan tanya jawab, 8) Terdapat 2 respon orang tua terhadap pembelajaran daring, 9) Orang tua memberikan sarana dan prasarana untuk anaknya ketika mengikuti pembelajaran daring, 10) Orang tua selalu menemani anaknya ketika mengikuti pembelajaran daring, 11) Karakteristik anak berbeda-beda terhadap pembelajaran daring, 12) Ditemukannya kesulitan selama pembelajaran daring berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, ...