Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penanaman nilai-nilai religius melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah. Selain itu, strategi dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan atau menafsirkan keadaan mengenai masalah yang akan diteliti menggunakan kata-kata bukan angka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, siswa, para guru, dan guru agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, nilai religius yang ditanamkan melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di SMKN 1 Rengat Barat adalah nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak, nilai keteladanan. Kedua, strategi dalam menanamkan nilai-nilai relgiusitas melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di SMKN 1 Rengat Barat adalah reward and punishment, keteladanan, pembiasaan, ajakan (persuasive), aturan atau norma-norma, dan penciptaan suasana religius di sekolah.
Copyrights © 2022