Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin
Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin

Manajemen Kelas sebagai Upaya Penguatan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi

Azi Ramdani (STIT NU AL-FARABI PANGANDARAN)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Manajemen kelas merupakan serangkaian perilaku guru dalam upayanya menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang memungkinkan para peserta didik mencapai tujuan-tujuan belajarnya. Namun, di dalam proses belajar mengajar tidak akan berjalan mulus. Hal ini dialami oleh santri di Pondok Pesantren Babakan Jamanis yang mengalami permasalahan disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab para santri tidak disiplin. Pendekatan di dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya malalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa problem utama manajemen kelas di Pondok Pesantren Babahab Jamanis adalah banyaknya para santri yang tidak hadir karena manajemen waktu yang tidak baik. Para santri juga mengerjakan hal-hal yang tidak penting sehingga proses belajar menjadi terganggu dan berkurangnya sikap kedisiplinan. Selain itu, beberapa para asatid juga jarang hadir dikarenakan mempunyai aktivitas-aktivitas yang padat dan juga faktor jarak yang amat jauh. Adapun upaya penguatan kedisiplinan untuk santri dilakukan dengan cara diperketatnya pengecekan absensi dan rekapitulasi tugas, penjatuhan sanksi, dan ditempuh dengan cara pendekatan persuasif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Muttaqin

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin is an academic journal that focuses on the actual issues relating to the da’wah and Islamic social sciences. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin focuses on several scopes including 1) Da’wah Science, 2) Islamic Communication/Tabligh, 3) Islamic Counseling/Irsyad, 4) Da’wah ...