Pendidikan Islam berperan penting dalam menjawab problematika yang terjadi di masyarakat terutama yang bersinggungan dengan nuansa paham keagamaan. Untuk itu, moderasi beragama dalam kajian ini hadir sebagai narasi penyeimbang untuk menjembatani kemunculan wacana-wacana paham keagamaan yang membawa paham radikal, ekstrem dan intoleran terutama dalam menanggulangi sikap peserta didik di dunia Pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk dan proses pendidikan moderasi beragama dalam pembelajaran dan implikasi pendidikan moderasi beragama terhadap sikap sosial peseta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriftif, Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat menggunakan metode studi literatur dan dilengkapi dengan observasi, wawancara, atau dokumentasi di MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menanamkan nilai-nilai dan prinsip yang terkandung dalam moderasi beragama, dalam materi, metode dan aktivitasnya mengandung nilai moderat seperti, musyawarah, adil, toleran, damai, keteladanan dan lain sebagainya. Pendidikan moderasi terhadap sikap sosial peserta didik memiliki pengaruh besar dan sejalan dengan nilai, norma, adab, dan akhlak yang harus ada dalam diri peserta didik. Beberapa implikasi yang ada seperti suka menolong, tidak membeda-bedakan teman, menjadi suri tauladan, bersikap adil, menerima pendapat teman, dan mencintai tanah air dengan keberagamannya.
Copyrights © 2023