Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin
Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin

Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa: Studi Kasus di SMK Ma’arif Cijulang

Ulpah Nupusiah (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Pangandaran)
Rama Aditya (STIT NU Al Farabi Pangandaran)
Devi Silvia Dewi (STIT NU Al Farabi Pangandaran)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di smk ma’arif cijulang, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek Kesiswaan, Guru dan Siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kontribusi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Ma’arif Cijulang dilakukan melalui kegiatan pembinaan tata tertib sekolah dengan memberikan surat pernyataan mengenai kesiapan siswa dalam menaati tata tertib sekolah dan apabila melanggarnya akan dikenakan sanksi sesuai dengan skor pelanggaran. Kemudian melakukan pembinaan yang dibentuk dalam sebuah kegiatan seperti: kegiatan orientasi yaitu dengan melakukan sosialisasi mengenai peraturan dan tata tertib sekolah, melakukan kegiatan pengontrolan kerapian siswa dalam berpakaian dan juga mengontrol kehadiran siswa, serta melakukan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk melatih siswa mengenai kepemimpinan dan juga melatih kedisiplinan siswa baik itu disiplin waktu, disiplin berpakaian maupun disiplin dalam bersikap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Muttaqin

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin is an academic journal that focuses on the actual issues relating to the da’wah and Islamic social sciences. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin focuses on several scopes including 1) Da’wah Science, 2) Islamic Communication/Tabligh, 3) Islamic Counseling/Irsyad, 4) Da’wah ...