Tematik
Vol 3, No 1 (2021): Juni (2021)

Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari

Ami Saptiyono (Universitas Semarang)
Erika Dwi Setya Watie (Universitas Semarang)
Kharisma Ayu Febriana (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

AbstrakPesatnya perkembangan media internet, membuat UMKM dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menggunakan media internet serta merancang desain promosi produk mereka, dalam hal ini desain-desain visual berupa foto foto produk yang cukup menarik dan kreatif. Hal ini disebabkan oleh munculnya persaingan yang menonjolkan kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan promosi dan pemasaran bagi UMKM   menggunakan media internet sebagai sarana untuk melakukan kegiatan promosi, pemasaran serta transaksi mereka. Kemampuan tersebut, masih sangat jurang dimiliki oleh para anggota UMKM, kususnya UMKM kelurahan Gebangsari, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Hal tersebut yang memotivasi tim pelaksana kegiatan masyarakat untuk memberikan pelatihan Fotografi Desain menggunakan peralatan yang ada, terjangkau dan mudah didapatkan serta menghasilkan foto produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dalam melakukan promosi.Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan materi secara teoritis, yang dilanjutkan dengan praktek lapangan secara langsung, dimana peserta mengaplikasikan pengetahuan terkait fotografi produk yang sudah disampaikan sebelumnya.Dari pelatihan ini, peserta mendapatkan pengetahuan baru bagaimana membuat foto produk yang menarik menggunakan alat aalat yang sudah mereka miliki.  Kata Kunci: fotografi produk, promosi, UMKM    Abstract  Rapid development of internet media requires MSMEs to be more creative and innovative in using internet media and designing promotional designs for their products, both in terms of visual designs in the form of product photos that are quite interesting and creative. This is due to competition which sacrifices creativity and innovation in the promotion and marketing activities of MSMEs using the internet as a means to carry out their promotional, marketing and transaction activities. This ability, is still very gaps in the possession of  MSME members, especially MSME in Gebangsari Village, Genuk District, Semarang City. This is what motivates the community activity implementation team to provide training on "Photography Design" using existing equipment, affordable and easy to get and to produce photos that suit their needs for promotion.This training is carried out by providing theoretical material, directly, in which participants apply the knowledge about product photography that has been previously conveyed.From this training, participants gained new knowledge on how to make attractive product photos using the tools they already have.  Keywords: product photography, promotion, MSME

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

TEMATIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan ...