Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 1 (2023): JTPD

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik dengan Metode Gamification di Kelas 2

Desi Natalia Assa (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)
Giovani Eka Meilia (Universitas Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Abstrak Peserta didik sering hanya terdiam, dan tidak merespon setiap pertanyaan dari guru. Pada penelitian ini merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca dengan menggunakan metode pembelajaran gamification di kelas 2 SDN 205/IV Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran gamification dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas 2 mampu meningkatkan kemampuan membaca dan pembelajaran efektif. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus. Siklus I sebanyak 66,8%. Pada siklus II sebanyak 89,8% mengalami peningkatan sebanyak 23%. Dan pada penilaian harian yang mereka dapatkan pada siklus I sebanyak 57,7% dan pada siklus II sebanyak 86,1%. Mengalami peningkatan pada penilaian harian yaitu 28,4%. Dari hasil penelitian ini disarankan guru memberikan pemecahan permasalahan yang konkret dialami oleh peserta didik, lalu guru memberi kesempatan kepada peserta didik yang jarang aktif dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan hasil pemecahan masalah sehingga akan melatih keberaniannya. Guru hendaknya mengajar dengan santai dan tidak terlalu formal pada saat mengajar dan harus lebih dekat dengan peserta didik pada saat proses pembelajaran dan jangan menggunakan metode ceramah Tujuan dan manfaat dari pembelajaran harus jelas dan tepat sesuai dengan materi yang dipelajari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtpd

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar publishes articles on research and theoretical studies in the field of basic education: Teaching and Learning Science, Social Sciences, Mathematics, Education for Citizenship, Indonesian Language, Cultural Arts and Crafts, Local Content in Primary Schools / Madrasas ...