Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer

SISTEM PENGONTROLAN KELEMBABAN TANAH PADA MEDIA TANAM CABAI RAWIT MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA16 DENGAN METODE PD (PROPORTIONAL & DERIVATIVE)

Tedi Rismawan, Suhendri , Beni Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2015

Abstract

Sistem pengontrolan kelembaban tanah pada media tanam Cabai Rawit menggunakan mikrokontroler ATMega16 dengan metode PD (Proportional and Derivative). Program yang diterapkan pada sistem berfungsi untuk melakukan inisialisasi dan konfigurasi perangkat keras serta membaca sinyal masukan dari sensor kelembaban tanah berjenis SEN 0114 dan sensor suhu LM 35 berdasarkan parameter yang telah ditentukan. Sistem pengontrolan kelembaban tanah ini menggunakan metode PD. Metode ini bertujuan untuk  mengendalikan kecepatan putaran pompa air berdasarkan data masukan dari sensor kelembaban tanah agar tercapai tingkat kelembaban tanah yang cukup untuk tanaman Cabai Rawit. Sistem bekerja dengan baik menggunakan Konstanta Proportional (KP) bernilai 4, Konstanta Derivative (KD) bernilai 8,  dan penguat tambahan (PT) bernilai 16. Sistem pengontrolan kelembaban tanah ini bekerja pada saat suhu yang terukur lebih dari 30°C dan tingkat kelembaban yang terukur kurang dari 60% sehingga sistem dapat mengendalikan pompa air sesuai dengan tingkat kelembaban tanah yang terukur. Semakin rendah tingkat kelembaban tanah maka semakin tinggi nilai kecepatan pompa air yang dikendalikan sistem. Sedangkan semakin tinggi tingkat kelembaban tanah maka semakin kecil pula nilai kecepatan pompa air yang dikendalikan oleh sistem. Dan jika suhu yang terukur kurang dari 30°C dan tingkat kelembaban tanah lebih dari atau sama dengan 60% maka sistem akan mematikan pompa air.Kata kunci: Cabai Rawit, Mikrokontroler ATMega16, Kelembaban Tanah, Suhu, Proportional, Derivative.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...