Kualitas pelayanan kesehatan adalah kecakapan atau keahlian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai standar profesi untuk menarik pasien agar berkunjung kembali. Indikator utama untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan yaitu kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan jawaban dari pandangan pasien tentang unjuk kerja yang disediakan pelayanan dan fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien usia produktif di Puskesmas Gladak Pakem di tahun 2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 86 pasien yang berobat ke Puskesmas Gladak Pakem pada bulan Desember 2022. Teknik pengambilan sampling menggunakan nonprobability sampling. Teknik penentuan sampelnya adalah quota sampling dengan jumlah 49 pasien usia produktif. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Spearman rho untuk mengetahui adanya hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien usia produktif di Puskesmas Gladak Pakem. Hasil penelitian menunjukkan nilai p 0,000<0,05 yang artinya H1 diterima sehingga kuliatas pelayanan kesehatan yang baik berhubungan dengan kepuasan yang tinggi pada pasien usia produktif di Puskesmas Gladak Pakem. Peneliti menyarankan Puskesmas Gladak Pakem dapat mempertahankan dan mengembangkan kualitas pelayanan kesehatan serta melakukan suvei secara berkala untuk mengetahui kepuasan pasien.
Copyrights © 2024