JURNAL GLOBAL MANAJEMEN
Vol 12 No 1 (2023): JUNI

“PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN ZAC URBAN DIKOTA MEDAN

Ida Romayana Tumanggor (Universitas Darma Agung, Medan)
Elisa Theresya Ginting (Universitas Darma Agung, Medan)
R.B Napitupulu (Universitas Darma Agung, Medan)
Sabar L.T Simatupang (Universitas Darma Agung, Medan)



Article Info

Publish Date
16 May 2023

Abstract

Analisis penelitian untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Zac Urban Kota Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bantuan program SPSS. Sampel di dalam penelitian sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji Regresi Linier SederhanaY=2,737+0,870X. Dari persamaan tersebut bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Zac Urban Kota Medan, dimana thitung16,624> ttabel 1,984 dan signifikan 0,000< 0,05.Hasil Uji R Square diperoleh sebesar 87,4% yang artinya Kualitas Pelayanan memiliki hubungan sangat kuat terhadap Kepuasan Pelanggan.Pimpinan perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayananya dengan lebih menerapkan standar prosedur operasional pada karyawan saat bekerja dan memberikan penghargaan seperti bonus kepada karyawan yang bekerja dengan baik sehingga pelanggan merasa puas akan pelayanan yang diberikan karyawan. Pimpinan perusahaan sebaiknya meningkatkan dimensi-dimensi pembentuk kualitas pelayanan terhadap pelanggan sehingga meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

ISSN Print : 2088-8325 Online ISSN 2715-6001 Journal of Management Study Program, Faculty of Economics, Darma Agung University.Contains scientific studies in the field of Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, General Management, International Economics, Management In ...