JURNAL GLOBAL MANAJEMEN
Vol 9 No 2 (2020): DESEMBER

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYAORGANISASITERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR CAMAT MEREK KABUPATEN KARO

Veramika Br Sembiring (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2021

Abstract

Ada banyakfaktor yang mempengaruhikualitaspelayanan,diantaranyakomitmenorganisasi dan budayaorganisasi. Penelitianinidilakukandenganpendekatankuantitatif, dimanajumlahpopulasisebanyak 22 responden. Sebelumkuesionerdisebarkan pada responden, terlebihdahuludilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisisregresi linier berganda, dan pengujianhipotesisdilakukandengan uji t, uji F dan uji R2. Persamaanregresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitianiniadalahY = -0,812+ 1,693 X₁ + 0,711 X₂. Berdasarkanpengujianhipotesis yang dilakukan, diperolehbahwa : (1) Komitmenorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (7,121) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (2) Budayaorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (6,829) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (3) Komitmenorganisasi dan Budayaorganisasisecarabersama-samaberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai F hitung (340,418) >nilai F tabel (3,49) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05. Kontribusikomitmenorganisasi dan budayaorganisasiuntukmenjelaskankualitaslayananadalahsebesar 97,3%, sedangkansisanyasebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditelitidalampenelitianini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

ISSN Print : 2088-8325 Online ISSN 2715-6001 Journal of Management Study Program, Faculty of Economics, Darma Agung University.Contains scientific studies in the field of Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, General Management, International Economics, Management In ...