JURNAL GLOBAL MANAJEMEN
Vol 10 No 1 (2021): JUNI

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO MARMEL FLORIST MEDAN

Anggun Melati Estelita Br Sibuea (Universitas Darma Agung)
Lidia Kando (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Perkembangan internet menyebabkan komunikasi menjadi lebih mudah. Selain sebagai sarana komunikasi antar individu, media sosial juga digunakan sebagai alat dalam pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial dan menganalisis peran media sosial dalam mempertahankan tingkat loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrptif dan penelitian ini difokuskan studi kasus pada Toko Marmel Florist Medan. Data diperoleh dari hasil wawancara penulis dengan pemilik toko dan dari akun media sosial Toko Marmel Florist Medan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial yang efektif dalam pemasaran adalah facebook dan instagram .Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sangat memiliki peran penting dalam melakukan pemasaran dan juga dalam mempertahankan tingkat loyalitas pelanggan. Dan hasil tersebut terlihat bahwa terjadi peningkatan jumlah pembelian berulang dari pelanggan setia di tahun 2019. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelanggan lebih tertarik pada strategi pemasaran pada bentuk produk dan harga dibandingkan dengan promosi. Selain itu, produk yang ditawarkan oleh Toko Marmel Florist Medan kepada pelanggan atau calon pelanggan sesuai dengan apa yang dipasarkan melalui akun media media sosial toko, sehingga pelanggan merasa cukup puas dengan produk tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

ISSN Print : 2088-8325 Online ISSN 2715-6001 Journal of Management Study Program, Faculty of Economics, Darma Agung University.Contains scientific studies in the field of Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, General Management, International Economics, Management In ...