Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Sutriana (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)
La Ode Safiun Arihi (Universitas Halu Oleo)
Mustika Kurniasari (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 80 Kali Baru melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 80 Kali Baru yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengolah data tes hasil belajar, sedangkan analisis kualitatif digunakan saat analisis data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn pada siklus I terdapat 10 siswa telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,92% dan terdapat 3 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 23,08%, dan nilai rata-rata diperoleh siswa adalah 79,85. Siklus II terdapat 12 siswa telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,31% dan terdapat 1 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 7,69%, dan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II adalah 87,69. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan (PAIKEM) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 80 Kali Baru Kab. Bombana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...