SIMPLEX: Journal of Economic Management
Vol 2 No 1 (2021): Mei

STUDI PENGUKURAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN DI PUSKESMAS PURWOSARI KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Desy Yulianti (Unknown)
Afdal Mazni (Unknown)
Bambang Suhada (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Hasil pengukuran kepuasan pelayanan pasien di Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro dengan pendekatan Importance Performance Analysis, 2) Atribut yang harus diperbaiki Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro agar dapat meningkatkan kepuasan pasiennya. Populasi peneliataian ini adalah masyarakat yang melakukan pelayanan di Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro dihitung rata-rata dalam satu bulan. Metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan mix methode, yaitu menggabungkan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh nilai tingkat kesesuaian responden pasien sebesar 96%. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja puskesmas Purwosari terhadap 21 item pernyataan (atribut) kualitas pelayanan puskesmas yang menentukan kepuasan pasien adalah memuaskan. Sedangkan atribut yang harus diperbaiki adalah penunjuk informasi tentang proses pendaftaran, mushola bersih dan wangi, proses pembayaran cepat dan mudah, pegawai cepat dalam memberikan informasi yang dibutuhkan, peralatan kesehatan yang digunakan higienis, kerahasiaan hasil periksa pasien terjamin, pegawai menanyakan keinginan pasien yang baru datang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

simplex

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Simplex : Jurnal Manajemen includes articles on the results of research and scientific work with the scope of A Economics, Management, Business, and Islamic Economics. Derivatif : Jurnal Manajemen is managed by the Master of Management Study Program, Universitas Muhammadiyah Metro and published by ...