Brand dapat menyangkut satu atau gabungan dari beberapa faktor yaitu nama, istilah, tanda, simbol, atau desain untuk mengidentifikasi suatu produk atau pelayanan yang diberikan oleh penjual yang membedakannya dengan pesaingnya. Dengan semakin banyaknya penjualan secara onine sangat memberikan dampak yang signifikan bagi beberapa UKM. Ini merupakan salah satu peluang yang bisa diambil UKM jika ingin meraup omset lebih besar melalui pemasaran digital. Tetapi ditengah menjamurnya penjualan online, ternyata banyak UKM yang belum begitu mengerti tentang digital marketing itu sendiri. Pengabdi merasa perlu adanya pemahaman atau sentuhan tentang branding dan digital marketing pada program pengabdian ini. Atas dasar hal tersebut, pada program pengabdian kepada masyarakat ini, fokus tertuju pada penerapan strategi branding dan digital marketing yang dilakukan di UD. Aisyah Jaya yang memang belum menerapkan kedua hal penting tersebut. Tujuannya adalah bagaimana usaha yang sudah baik dalam pengolahan limbah plastik menjadi barang baru yang bermanfaat ini menjadi lebih bernilai jika diterapkan strategi branding dan digital marketing. Hasil kegiatan pengabdian ini akhirnya dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman terkait strategi branding dan penerapan digital marketing, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam hal improvisasi UD. Aisyah Jaya dalam mengelola unit bisnisnya menjadi lebih baik lagi sesuai dengan tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan.
Copyrights © 2023