Madaniya
Vol. 4 No. 4 (2023)

Penguatan Kapabilitas Pengelola Shibori Sidomaju Desa Kenteng dalam Bisnis Berkelanjutan

Amir Mahmud (Universitas Negeri Semarang)
Ida Nur Aeni (Universitas Negeri Semarang)
Faridhatun Faidah (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Bisnis shibori berupa kain, handy craft, baju, kaos, dan souvenir berkembang dengan baik. Saat ini, penjualan produk shibori masih terbatas pada masyarakat lokal. Dengan berkembangnya arus globalisasi, diperlukan inovasi dan terobosan baru untuk menyampaikan dan memperkenalkan produk kepada masyarakat umum. Tujuan kegiatan pengabdian Pemberdayaan Kemiteraan Masyarakat (PKM) adalah meningkatkan kapabilitas pengelola shibori sidomaju dalam pengembangan bisnis. Pendekatan pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan kualitas produk pada Komunitas Lansia Sidomaju Kenteng dalam mengelola bisnis kain shibori. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa pengelola dapat memahami arti penting inovasi produk, penentuan harga pokok produk, pencatatan keuangan, dan penggunaan teknologi digital untuk pemasaran. Dari hasil pengabdian dihasilkan sarana media sosial untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas, dan juga terciptanya akun shopee produk shibori sidomaju. Kegiatan branding produk yang dilakukan berupa festival shibori pun sukses meningkatkan penjualan shibori.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...