Madaniya
Vol. 4 No. 4 (2023)

Pelatihan Digital Marketing Bagi Kelompok Disabilitas Kota Bengkulu

Septriani Septriani (Universitas Bengkulu)
Handoko Hadiyanto (Universitas Bengkulu)
Merri Anitasari (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memaksimalkan pendapatan dari kewirausahaan yang dijalankan oleh kelompok HDWI, seperti bisnis jahit, usaha laundry, kopi (PeDe), penjualan kue, makanan ringan, warung, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk memperluas jangkauan pasar dan konsumen, diperlukan pelatihan bagi kelompok difabel dalam mempromosikan produk mereka melalui pemasaran digital, dengan harapan bahwa pendapatan atau keuntungan dapat dioptimalkan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan, diskusi tanya jawab, dan demonstrasi produk pemasaran digital. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah berjalan efektif. Hal ini terbukti mulai dari persiapan kegiatan, yaitu proses perizinan yang mendapat antusiasme dari pemimpin masyarakat dan masyarakat setempat, serta proses perluasan yang berjalan cukup optimal. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta dalam kegiatan perluasan yang dapat dikatakan berhasil karena dihadiri oleh cukup banyak peserta. Selain itu, dapat dilihat dari antusiasme tinggi masyarakat dalam diskusi selama penyuluhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...