Jurnal Guru Komputer
Vol 1, No 1 (2020): JGrKom: July 2020

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Youtube (Podcast) dengan Metode Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh pada Materi Komputer dan Jaringan Dasar di SMKN 3 Bandung

Putut Sri Wijayanto (SMK N 3 Bandung)
Wawan Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wahyudin Wahyudin (Universitas Pendidikan indonesia)
Agi Firmansyah (SMK N 3 Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk mengadakan pembelajaran online pada saat pandemi telah memunculkan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, siswa banyak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak dapat fokus ketika proses pembelajaran online berlangsung. Pada penelitian ini dilakukan penelitian dengan model PTK ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media youtube (podcast) pada pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh pada materi Komputer Dan Jaringan Dasar di SMK N 3 Bandung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus PTK. Subjek penelitian adalah siswa multimedia yang duduk kelas X berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data evaluasi tindakan menggunakan tes hasil belajar dan data observasi siswa secara online. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Secara keseluruhan, dari hasil PTK diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran podcast dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang sangat baik. Pemahaman pembelajaran siswa dalam materi merawat perangkat keras komputer dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran ini, hal ini karena pembelajaran dengan platform ini dianggap dapat memberikan tampilan yang lebih menarikĀ  dan tidak membosankan siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JGrKom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The Computer Teacher Journal (JGrKom) (e-ISSN: 2774-7891) is an open-access and peer-reviewed journal, published by the Universitas Pendidikan Indonesia, which is a medium for disseminating research results from scientists and educational practitioners in various fields of pedagogy and technology ...