Kurang berkembangnya industri kecil menegah di desa Huangobotu menjadi fokus perhatian untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Ibu rumah tangga yang tergabung pada IKM desa Huangobotu banyak mencoba memproduksi berbagai pengananan maupun kerajinan. Tetapi pada perkembangannya usaha itu terkadang tidak bisa bertahan akibat dari tidak terjualnya hasil produksi mereka hasilkan. Usaha sejenis banyak bermunculan namun tidak dapat bertahan karena mengalami kekurangan modal kerja sebagai akibat rendahnya penjualan. Permasalahan tersebut mendorong kami selaku tim pengabdian untuk melakukan edukasi tentang Value Chain sehingga produk yang mereka hasikan diminati oleh konsumen serta memiliki keunggulan dalam bersaing dengan produk sejenis lainnya. Serta pelatihan Digital marketing untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk yang mereka hasilkan untuk lebih meningkatkan omset penjualan berbagai produk atau jasa yang mereka hasilkan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pelatihan untuk memberikan pemahaman Value Chain dan digital marketing, serta evaluasi terhadap kegiatan ini dengan melihat kemampuan peserta dalam mengaplikasikan materi yang telah disajikan pada para peserta. Hasil dari kegiatan ini peserta telah mengetahui tentang apa yang perlu dilakukan sebelum mereka memutuskan untuk memproduksi barang atau jasa seperti yang tercakup pada Value Chain dan kemampuan dalam memasarkan produk atau jasa melalui media sosial facebook.
Copyrights © 2022