Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 4 No 1 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

PENGARUH MINAT BACA BUKU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 16 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN

Zunaidah (STAI MuhammadiyahPaciran)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh minat baca buku terhadap prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 16 Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa agar dapat lebih meningkatkan pemahaman siswa tentang membaca buku disekolah. Permasalahan yang diangkat penulis antara lain: (1) Bagaimana kondisi minat baca buku siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran? (2) Bagaimana kondisi prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran? (3) Adakah pengaruh minat baca buku siswa terhadap prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dengan cara membagikan angket kepada sebagian siswa kelas 4 dan kelas 5 yang sejumlah 45siswa dan menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari nilai rata-rata raport siswa semester Ganjil tahun periode 2017/2018. Tingkat minat baca buku di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran berada pada taraf tinggi, dibuktikan dengan nilai rata-rata data angket siswa yaitu 23.62 yang terdapat skor maksima 30. Kemudian prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran berada pada tingkat baik yang dapat diketahui dari rata-rata hasil raport siswa yaitu 81.86.  Sedangkan untuk mengetahui adakah pengaruh atau tidak antara minat baca buku terhadap prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to ...