Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 4 No 1 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

PERAN GURU AL-ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 6 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN

Nashrudin Abdul Khair (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apa yang dilakukan oleh guru Al-Islam dalam meningkatkan perilaku Islami siswa kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 6 Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih bijak dalam meningkatkan perilaku Islami siswa pada mata pelajaran Al-Islam disekolah. Al-Islam merupakan pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa terutama dalam meningkatkan perilaku Islami. Siswa akan dapat mengaitkan kebiasaan sehari-hari yang dilakukannya dengan materi pelajaran Al-Islam yang di pelajarinya. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai tingkah laku seseorang yang melanggar norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi sehingga banyak berpengaruh terhadap perilaku anak sekarang ini, akibat tehnologi seperti, televisi yang banyak menyajikan hal-hal yang dapat mempengaruhi anak-anak baik anak kecil maupun remaja, karena Ilmu pengetahuan dan Tehnologi (IPTEK) tanpa dibarengi Iman dan Takwa (IMTAK) menyebabkan kehidupan tidak bisa berjalan dengan seimbang, karena itu siswa perlu dibekali dengan keduannya sehingga dapat menjadi manusia yang sempurna dan berakhlakul karimah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to ...