Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Tata Tertib Siswa Di MA Muhammadiyah 05 Paciran: Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Tata Tertib Siswa Di MA Muhammadiyah 05 Paciran

Ali Fauzi (STAI Muhammadiyah Paciran)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Pendidikan merupakan pengalaman belajar yang secara langsung di semua lingkungan dan seumur hidup. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui bimbingan mengajar yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik untuk bermain di berbagai lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana prestasi siswa dalam bidang studi aqidah akhlak. mengetahui keadaan sesuai dengan urutan siswa, dan membuktikan keberadaan aqidah pengaruh moral prestasi siswa agar kepatuhan belajar di Madrasah Aliyah 05 Weru Paciran Lamongan Muhammadiyah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan cara untuk menggambarkan penggunaan data kuantitatif, penelitian dapat dianalisis segera dan dapat dihitung dengan alat pengukur sederhana. Dalam hal ini digunakan Teknik Korelasi Product Moment (Pearson), karena teknik dianggap tepat untuk mencari tingkat hubungan antara dua variabel. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, kuesioner, dan skala penilaian. Dari analisis data menunjukkan bahwa saat hasil perhitungan produk r dari 0,769 dibandingkan dengan nilai r di signifikansi Tabel dari 5% dan 1% pada jumlah N (14) maka variabel X dengan variabel Y, prestasi belajar moral aqidah dan aturan kepatuhan suswa di Madrasah Aliyah 05 Weru Paciran Lamongan Muhammadiyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to ...